RSS

Uang

Lama sudah gw bertanya-tanya dalam hati, darimana sih asal muasal uang itu?
Setelah gw melakukan "surfing" di internet, gw menemukan sesuatu yang menarik dari om wiki

Berikut ceritanya :
Orang-orang zaman dahulu jika mereka lapar mereka langsung pergi berburu untuk nantinya dimakan sendiri, mereka menganyam untuk nantinya dipakai sendiri, yang hanya mereka lalui dalam hidup mereka hanyalah melakukan segalanya sendiri untuk dinikmati sendiri.

Namun lambat laun, orang-orang zaman dahulu ini sadar bahwa apa yang mereka ciptakan ini tidak selamanya bisa dilakukan sendiri, ada suatu hal yang tidak bisa mereka lakukan sendiri dan mereka butuh bantuan orang lain untuk melakukan apa yang mereka tidak bisa lakukan, akhirnya muncul lah yang namanya sistem barter ini, dimana setiap orang menukarkan barang yang mereka miliki dengan barang orang lain yang tidak mereka punya.

Tapi semakin lama sistem barter ini memiliki berbagai kendala dalam menjalankannya, antara lain barang yang akan ditukarkan belum tentu memiliki nilai yang seimbang dengan barang yang akan diterima, sehingga munculah ide bahwa barang yang ditukarkan itu haruslah barang yang memiliki nilai tinggi, seperti garam yang ternyata digunakan oleh orang romawi sebagai alat pertukaran, sebelumnya kalian mengenal kata-kata salary kan ? yang dalam bahasa Inggris disebut upah, ternyata salary ini berasal dari kata latin salarium yang berarti garam. (baru tau gw)

Tapi karena terbentur masalah lagi, yang berupa sulitnya dalam memaintance barang-barang yang di tukar oleh berbagai faktor antara lain belum adanya pecahan sehingga penentuan nilai uang, penyimpanan (storage), dan pengangkutan (transportation) menjadi sulit dilakukan serta timbul pula kesulitan akibat kurangnya daya tahan benda-benda tersebut sehingga mudah hancur atau tidak tahan lama.

Dari sinilah muncul alat tukar yang dinamakan emas,logam,intan,berlian dan sebagainya.

Menurut Herodotus (nah lho siapa ini) yaitu seorang ahli sejarah dari Yunani, orang yang pertama menggunakan emas, dan uang perak untuk melakukan pertukarannya yaitu orang-orang Lydia , orang-orang Lydia ini diperkirakan mencetak uang perak pertamanya ini sekitar 650-600 BC (before century), sementara itu uang kertas pertama digunakan di China pada abad ke-7, sedangkan di Eropa diterbitkan pertama kali di Stockholms Banco tahun 1661.

Demikian info yang bisa gw bagi
Mohon Kritik dan Sarannya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

7 comments:

si dede jadul punya mengatakan...

klo sejarah mata uang indonesia gmn sih?
apa emang dari dulu nilai tukarnya dah anjlok?
gileeee.. berbanding jauh nih ma dollar..
ga adil!!!
riba!!

Hitam dan Putih mengatakan...

wah2 kalo yang ini gw gk gitu tau...
smoga aja taun ini rupiah gk anjlok se anjlok2nya.....amien ^^

katakdankodokbersaudara mengatakan...

postingan yang sangat menarik.

achie mengatakan...

beuhhh..

dulu gw pernah belajar uang2an tuh..

pelajaran apa yeh..

lupa..

hehehe..

achie mengatakan...

eyaaa... salam kenalll yahhhh

Hitam dan Putih mengatakan...

@achie
pelajaran uang2an? pelajaran ekonomi kali tuh dlu pas sma....

yupz lam kenal juga ya..^^

Elys Welt mengatakan...

nice info